Bulan: Mei 2024

6 Universitas yang Memiliki Beasiswa Kedokteran

6 Universitas yang Memiliki Beasiswa Kedokteran – Dari sekian banyak program studi (Prodi), Kedokteran jadi salah satu data macau prodi paling favorit calon mahasiswa. Meski demikian, biaya untuk jurusan kuliah yang satu ini dikenal sangat mahal. Tetapi, ada lho kampus di dalam negeri yang menawarkan beasiswa kedokteran. Jadi, ini adalah kesempatan menarik bagi yang bercita-cita menjadi dokter tetapi punya kendala finansial. Jika kamu serius jadi dokter, maka kamu bisa mengambil beasiswa kedokteran dari beberapa kampus ini. Berikut ini 6 beasiswa kedokteran yang ditawarkan di dalam negeri:

UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA

Quipper Scholarship Award (QSA) 2022 juga terbuka melalui Universitas Kristen Maranatha. Universitas Kristen Maranatha akan membagikan beasiswa total hingga Rp 375 juta untuk semua program studi, termasuk Kedokteran. Beasiswa tersebut akan disalurkan untuk 20 orang, masing-masing akan mendapatkan beasiswa Rp 10 juta – Rp 30 juta.

Persyaratan:

  • Siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK/MA/setara
  • Memenuhi kualifikasi untuk program S1

Selain itu, Bagi yang mendaftar ke Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, harus melampirkan surat keterangan sehat dan tidak buta warna.

UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)

Universitas Diponegoro (Undip) juga membagikan Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat. Penerima beasiswa slot bet 100 perak akan memperoleh Rp 750.000 per bulan dan diberikan setiap 3 bulan. Selain itu, beasiswa lainnya yang terbuka untuk Kedokteran Undip antara lain:

  • Beasiswa Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia
  • Beasiswa TNI (Tentara Nasional Indonesia)
  • Beasiswa Pertamina Foundation
  • Beasiswa Bank Indonesia

UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

Unhan menyediakan beasiswa penuh yang mencakup biaya pendaftaran, kuliah, studi, hingga kebutuhan hidup di asrama dan makan. Beasiswa juga berlaku untuk Fakultas Kedokteran Militer (Prodi Kedokteran).

Persyaratan:

  • WNI
  • Sehat jasmani dan rohani dan tidak buta warna
  • Mempunyai ijazah SMA jurusan IPA atau SMK
  • Pendaftar maksimal lulusan 2021, minimal 2022
  • Tidak pernah tinggal kelas
  • Intelligence Quotient (IQ) minimal 120
  • Usia maksimal 20 tahun saat masuk pendidikan
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan dengan berat badan proporsional
  • Bersedia ditempatkan di mana saja.
  • Selama ikut pendidikan, bersedia untuk tidak menikah dan tidak hamil

UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR)

Mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga akan mendapat Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah. Penerima beasiswa akan mendapatkan Rp 400.000/bulan yang dibayarkan langsung untuk 1 semester. Beasiswa lainnya ialah Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat. Beasiswa sebesar Rp 750.000 per bulan dan akan diberikan langsung tiap 3 bulan. Tak hanya itu saja, ada pula Beasiswa Cendekia Baznas. Beasiswa yang diberikan yaitu subsidi UKT Rp 2,7 juta per semester. Selain itu, terdapat Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), dalam bentuk tunjangan pendidikan untuk mahasiswa D4/S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester dua.

UNIVERSITAS INDONESIA (UI)

Di Universitas Indonesia (UI) juga menawarkan beasiswa kedokteran melalui Beasiswa Kedokteran di https://sweetcarolinabbqcatering.com/ Universitas Indonesia dan Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB). Adapun beasiswa ini mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup untuk seorang mahasiswa kedokteran. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan bantuan fasilitas penunjang akademik.

Persyaratan:

  • Telah terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • Memperoleh penetapan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB) kurang dari Rp 5 juta
  • Belum mendapatkan beasiswa dari pihak lain

Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB)

UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Universitas Tarumanagara (Untar) juga akan membagikan beasiswa berupa potongan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) sampai dengan 100 persen melalui Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Untuk pendaftaran QSA 2022 terbuka hingga 18 Maret 2022. Tentu, beasiswa ini juga berlaku untuk kamu yang tertarik mendaftar ke Fakultas Kedokteran. Potongan SPP yang bisa diperoleh akan ditentukan berdasarkan nilai rata-rata rapor Kelas 10 dan Kelas 11. Khusus untuk Fakultas Kedokteran, peserta juga harus mengikuti psikotes online.

Persyaratan:

  • Siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK/MA/setara
  • Memenuhi kualifikasi untuk program S1
  • Rata-rata nilai rapor minimal 70 (non Kedokteran), rata-rata nilai rapor minimal 80 (Kedokteran)

Adapun besaran SPP normal (tanpa beasiswa) untuk Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter adalah Rp 350 juta. SPP ini hanya dibayarkan satu kali di awal.

Universitas Terbaik yang Ada di Britania Raya 

Universitas Terbaik yang Ada di Britania Raya  – Inggris Raya atau Britania Raya atau United Kingdom adalah negara keluaran macau berdaulat yang wilayahnya terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Inggris, dengan ibukotanya London sendiri, adalah rumah dari banyak universitas berkualitas dunia. Ada banyak sekali universitas terbaik di Inggris yang terkenal dengan sejarah yang panjang. Sebagai sebuah negara yang sangat maju, pendidikan tinggi di Inggris juga dikenal memiliki kualitas pendidikan dan teknologi terkini. Inggris juga sangat terbuka pada mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia. Bahkan menurut laman Jakarta Globe, ada ribuan mahasiswa Indonesia setiap tahunnya yang mendaftarkan diri ke berbagai universitas di UK.

London School of Economics and Political Science (LSE) 

Nah, untuk universitas terbaik Inggris yang satu ini, hanya untuk kamu yang tertarik mempelajari ilmu-ilmu sosial lebih dalam. London School of Economics and Political Science merupakan salah satu universitas ilmu sosial terkemuka di dunia yang menawarkan subjek ilmu sosial yang luas, termasuk ekonomi, politik, sosiologi, hukum, dan antropologi. Universitas berkelas dunia ini memiliki asosiasi dengan banyak universitas berkelas dunia lainnya seperti Columbia University di New York, Sciences Po di Paris, Peking University di Beijing, National University of Singapore dan University of Cape Town. Wah, ternyata ada cukup banyak ya universitas terbaik di Inggris dengan prestasi kelas dunia yang membuat kita kagum.

King’s College London (KCL) 

Tidak afdal rasanya bicara tentang universitas terbaik di Inggris tanpa menyebut King’s College London. KCL merupakan sister college dari UCL dan didirikan pada tahun 1829 oleh King George IV dan the Duke of Wellington. KCL adalah kampus yang sangat kuat di bidang risetnya dan telah banyak mencetak peneliti-peneliti handal hingga penerima nobel. Jurusan di KCL juga sangat bervariasi mulai dari ilmu sosial, sains, teknik, kedokteran, dan bahkan kesenian. Beberapa jurusan unggulan KCL adalah jurusan kesehatan dan ilmu hayati.

University of Oxford 

Rasanya tidak ada calon mahasiswa yang tidak mengenal Universitas Oxford. Universitas yang berlokasi di Kota Oxford, Inggris ini merupakan salah satu universitas tua dengan reputasi yang mengagumkan. Bertahun-tahun Universitas Oxford mengukuhkan posisinya tidak hanya sebagai kampus terbaik di Inggris, tetapi juga dunia. Saking tuanya universitas yang satu ini, tanggal tepat pendiriannya tidak diketahui. Namun, diperkirakan University of Oxford sudah ada sejak tahun 1096. Kini, Universitas Oxford dikenal sebagai universitas modern berbasis riset yang sangat maju terutama di bidang ilmu pengetahuan alam. Fakultas kedokteran di sini adalah yang terbaik di dunia, lo!

University of Cambridge 

Berdiri pada tahun, 1209, Universitas Cambridge adalah universitas ke 4 tertua yang masih bertahan di dunia. Berlokasi di tengah kota Cambridge, universitas terbaik di Inggris ini merupakan  slot spaceman rumah dari lebih 18,000 mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan negara. Menurut Times Higher Education, University of Cambridge menempati posisi ketiga universitas terbaik dunia dan posisi kedua di United Kingdom. Tidak hanya yang tertua, seperti Universitas Oxford, universitas ini juga banyak melahirkan pemenang nobel dan tokoh-tokoh penting dunia seperti Sir Isaac Newton dan Alan Turing.

Imperial College 

Imperial College London adalah kampus terbaik di London yang terkenal sebagai institut ilmu pengetahuan alam terdepan di United Kingdom. Imperial College memiliki kurang lebih 15,000 mahasiswa and 8,000 staf, dengan fokus utama pada area: kedokteran, sains, teknik, dan bisnis. Banyak sekali penerima Nobel yang berasal dari kampus ini, termasuk sang penemu penisilin, Alexander Fleming. Beberapa jurusan terbaik dunia yang dimiliki kampus ini antara lain: ilmu komputer, klinis dan kesehatan, teknik, ilmu hayati, dan ilmu fisika.

University College London (UCL) 

Tahukah kamu, UCL adalah universitas pertama di Inggris yang menerima mahasiswa wanita dan disetarakan dengan mahasiswa pria. Selain itu, UCL juga adalah universitas Inggris yang pertama membuka kampus di Qatar. Universitas berbasis riset ini menduduki peringkat 22 dunia dan peringkat 4 di United Kingdom menurut Times Higher Education. Jika kamu tertarik kuliah ke Kota London, UCL adalah kampus terbaik di London yang layak kamu pertimbangkan.

Imperial College 

Imperial College London adalah kampus terbaik di London yang terkenal sebagai institut ilmu pengetahuan alam terdepan di United Kingdom. Imperial College memiliki kurang lebih 15,000 mahasiswa and 8,000 staf, dengan fokus utama pada area: kedokteran, sains, teknik, dan bisnis. Banyak sekali penerima Nobel yang berasal dari kampus ini, termasuk sang penemu penisilin, Alexander Fleming. Beberapa jurusan terbaik dunia yang dimiliki kampus ini antara lain: ilmu komputer, klinis dan kesehatan, teknik, ilmu hayati, dan ilmu fisika.

Sekolah Dengan Sistem Pendidikan di Luar Nalar di Dunia

Sekolah Dengan Sistem Pendidikan di Luar Nalar di Dunia – Sekolah menjadi tempat bagi seseorang untuk melalui togel singapore pendidikan, di mana sekolah haruslah dirancang sedemikian rupa agar proses ajar mengajar berjalan dengan baik. Tak jarang, ada sekolah yang memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing.

Keunikan dan kekhasan suatu sekolah biasanya didasari untuk mengatasi solusi dari kondisi tertentu di suatu tempat. Misal, kondisi suatu tempat yang penduduknya memiliki tingkat kesadaran bersekolahnya rendah, maka dibuatlah sekolah dengan konsep dan kurikulum yang lebih menarik seperti sekolah alam.

Namun, tak jarang pula sekolah yang unik ini berdiri karena memang keadaan perekonomian suatu tempat yang rendah, sehingga terciptanya sekolah dengan keadaan yang tidak sama seperti pada sekolah pada umumnya. Hal tersebut dilakukan dengan harapan semua anak memiliki kemampuan dan punya kesempatan merasakan pendidikan.

Sekolah Bebas, Brooklyn

Mengapa sekolah bebas? Yap, sekolah bebas di Brooklyn Amerika Serikat ini adalah sekolah yang tidak menetapkan kurikulum secara khusus untuk para siswanya. Kamu bisa sesuka hatimu belajar apapun yang kamu inginkan di sana. Tidak ada batasan, tidak ada ujian, pekerjaan rumah, atau nilai dan tidak ada kurikulum. Sekolah ini memang dirancang agar siswanya dapat belajar secara mandiri dan menentukan pelajaran apa yang ia minati. Bahkan siswa juga bebas keluar dari kelas jika mereka ingin. Berjalan-jalan santai di koridor, menonton TV, maupun tidur siang tidak ada yang akan memarahi.

Kebanyakan siswa akan berdiskusi bersama slot deposit qris 5000 rekannya sebelum mereka melakukan ataupun memilih suatu kegiatan, dan ini adalah proses pembelajar. Saat siswa menjalankan kelas, guru hanya bekerja sebagai moderator. Seorang siswa dapat mengadakan pertemuan dan mendiskusikan ide-idenya dengan seluruh sekolah. Menurut kepala sekolah, sekolah mengharapkan setiap siswa menemukan jalannya sendiri.

Sekolah Bunker, Abo, Amerika Serikat

Pernah terbayang bersekolah di bunker bawah tanah Bela? Nyatanya sekolah bawah tanah memang ada, lho. Terletak di New Mexico, Amerika Serikat. Sekolah ini adalah sekolah bawah tanah pertama di Amerika Serikat dan dibangun selama ketegangan Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Rusia. Ide di balik sekolah tersebut adalah untuk membangun sekolah tempat pendidikan terus berjalan jika seandainya ledakan bom terjadi di tempat itu.

Tapi sayangnya, pada tahun 1995 sekolah ini secara resmi ditutup sebagai akibat dari peningkatan biaya perawatan, peralatan mekanis yang menua, dan kesulitan yang terkait dengan pelepasan insulasi asbes dari struktur bawah tanah tanpa jendela. Sebuah sekolah baru, SD Yeso, dibangun di sebelahnya dan kini sekolah Abo diubah menjadi fasilitas penyimpanan.

Sekolah Masa Depan Philadelphia Barat

“The school without books” cocok untuk sekolah yang satu ini. Bagaimana tidak, sekolah yang didirikan pada tahun 2006 ini merupakan sekolah pertama yang dirancang untuk menggambarkan bagaimana keadaan sekolah di masa depan. Tidak mengharuskan siswanya membawa buku dan pulpen ke sekolah. Semua proses pembelajaran siswa dilakukan di komputer yang tersedia.

Alih-alih menggunakan rtp live papan tulis dan penghapus, di sekolah ini sudah tersedia papan layar pintar terkomputerisasi. Loker-loker pun dapat diakses menggunakan kartu identitas, dan segala bentuk perangkat digital yang bisa digunakan di sekolah ini. Sempat mengalami kesulitan di awal, kini sekolah itu sukses mengembangkan metode belajar digitalisasi.

Sekolah Dunia Nyata, Amerika Serikat

Sebenarnya, kurikulum ini sudah banyak diadopsi di beberapa sekolah di Amerika Serikat. Mengedepankan pembelajaran untuk bekal bekerja di dunia nyata nantinya. Kurikulum ini menawarkan siswa memilih pembelajaran belajar sesuai dengan profesi yang mereka cita-citakan.

Di setiap pembelajaran nantinya, akan ada seorang mentor yang berkompeten untuk membimbing siswa tersebut. Misalnya kamu ingin menjadi seniman, maka mentormu nanti adalah seorang seniman pula, Bela.

Sekolah Gua Dong Zhong, Tiongkok

Sekolah yang dibangun oleh alam ini memang terletak di sebuah gua besar Dong Zhong di Provinsi Guizhou yang merupakan provinsi terkumuh di Tiongkok. Gua Dong Zhong menjadi tempat hidup dari penduduk asli pegunungan Miao. Menjadi daerah termiskin di Tiongkok, membuat anak-anak di gua tersebut kehilangan akses pendidikan. Maka, pada tahun 1984, atas dasar inisiatif masyarakat Miao berdirilah sebuah sekolah menengah, tetapi karena tidak ada uang untuk membangun sebuah gedung, penduduk setempat memulai sebuah sekolah di sebuah gua pada tahun 1984 dengan delapan guru dan 186 siswa.

Merupakan satu-satunya sekolah yang ada di dalam gua, sekolah itu terdiri dari beberapa ruang kelas kayu dan taman bermain. Karena letaknya di dalam gua, sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berlatih paduan suara. Keberadaan hewan-hewan dan tumbuhan dapat memberikan kesempatan siswa untuk belajar biologi, dan kontur gua juga bisa dimanfaatkan siswa untuk belajar geografi. Sayangnya, pada tahun 2011 sekolah ini akhirnya ditutup oleh pemerintahan Tiongkok. Mereka memindahkan murid-murid yang ke sekolah di tempat yang lebih jauh tentunya.

Sekolah Trabajo Ya, Spanyol

Tahu nggak sih Bela, kalau negara Spanyol adalah negara yang melegalkan prostitusi? Karena legalnya prostitusi di negara ini, sampai-sampai ada satu sekolah yang khusus didirikan untuk menawarkan kursus prostitusi. Terkejut? Ini belum seberapa Bela. Sekolah ini akan mengajarkan para pemuda dan pemudi prostitusi profesional dengan kebijaksanaan maksimum. Kurikulum mereka mencakup sejarah prostitusi, pengenalan mainan seks dan posisi kama sutra, serta taktik bisnis untuk berurusan dengan klien. Sesi pelatihan mereka selama seminggu, selain secara teori, mereka juga memberikan pelatihan secara praktik.

Sekolah Penyihir, Salem

Nah, siapa nih, penggemar dari Harry Potter, dan ingin juga merasakan sekolah sihir seperti di Hogwarts? Sepertinya tempat ini cocok untukmu, Bela. Sekolah Penyihir mengajarkan ilmu sihir kepada mereka yang memiliki minat pada sihir. Sekolah yang terletak di Salem menawarkan kursus online dan juga memiliki kampus di mana siswa dapat datang dan menghadiri kelas.

Mulanya sekolah sihir ini berlokasi Roseville, Chicago, dan akhirnya harus pindah ke Salem, Massachusetts karena mendapatkan kecaman dari umat Kristen yang ada di sana. Konon, Salem adalah kota di mana sekitar 200 orang yang dituduh melakukan santet menghadapi pengadilan dan eksekusi pada tahun 1692 dan 1693. Salem dipilih karena “ramah penyihir”.